Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan tentang masih kurangnya kemampuan guru-guru dalam membuat bahan ajar berbasis integrasi Al-Qur’an. masih rendahnya nilai-nilai spritual yang dimiliki peserta didik terkait integrasi Al-Qur’an dengan ilmu pengetahuan, serta masih kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran walau sudah diberikan materi dan bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk Modul berbasis integrasi Al-Qur’an dengan model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada kelas VIII SMPN 4 Lembang Jaya yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop dan desseminate. Berdasarkan rancangan 4-D maka prosedur pengembangan yang dilakukan oleh peneliti hanya terdiri dari tahap define, design, dan develop. Pada penelitian ini tahap desseminate (penyebaran) tidak dilakukan karna keterbatasan waktu yang peneliti miliki. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif. Produk modul berbasis integrasi Al-Qur’an dengan model Contextual Teaching And Learning (CTL) divalidasi oleh 2 orang ahli bidang biologi dan 1 orang ahli media. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu modul berbasis integrasi Al-Qur’an dengan model Contextual Teaching And Learning (CTL) yang dihasilkan valid dengan nilai kevalidan 82% dengan kategori sangat valid. Sementara hasil praktikalitas oleh guru dengan rata-rata 93% dengan kategori sangat praktis dan oleh peserta didik dengan rata-rata 92% dengan kategori sangat praktis.