Abstract:
Silvia Rahmi, NIM. 1830106055 (2022), judul Skripsi “Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Science Talk-Writing Heuristics (STWH) Terintegrasi Nilai Keislaman” Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu pendidik belum sepenuhnya mengakomodir dan melaksanakan pembelajaran yang bisa membangun dan meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik sedangkan pendidikan di abad 21, pendidik dituntut memiliki keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berargumen serta kurangnya media pembelajaran bernuansa islam yang sesuai dengan visi misi sekolah. Penelitian ini bertujuan melihat Efektifitas penggunaan E-LKPD berbasis Science Talk-Writing Heuristics (STWH) terintegrasi nilai keislaman yang dikembangkan meningkatkan hasil belajar dan keterampilan argumentasi peserta didik XI SMA N 1 Bukittinggi. Jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dalam bentuk nonequivalent pre-post control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA N 1 Bukittinggi yang berjumlah 199 yang terdiri atas 5 lokal. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk essay yang menggunakan model argumentasi Toulmins Argumnt Pattern untuk melihat hasil belajar (kognitif) dan kemampuan argumentasi. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif, Kemudian dianalisis untuk merumuskan hipotesis penelitian yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi dan hasil belajar meningkat di kelas eksperimen. Dimana Terjadi peningkatan hasil belajar N-Gain skor sebesar 51,98 % pada materi sistem peredaran dan 51,24 % pada materi sistem pencernaan. Peningkatan nilai N-Gain skor pada keterampilan argumentasi sebesar 54,5 % untuk materi sistem peredaran darah dan 52,53 % pada materi sistem pencernaan.Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t berbantuan program SPSS 25. Berdasarkan uji-t yang dilakukan menggunakan SPSS 25 didapatkan nilai Sig (2-tailed) 0,05 yaitu 0,00 baik itu aspek hasil belajar dan kemampuan argumentasi peserta didik, sehingga hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media E-LKPD berbasis Science Talk-Writing Heuristics (STWH) terintegrasi nilai keislaman pada materi sistem pencernaan dan sistem peredaran darah efektif meningkatkan hasil belajar dan kemampuan argumentasi peserta didik.