Abstract:
ABSTRAK Yesi Oktalia, Nim 1730110024. Judul Skripsi “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada Materi Laju Reaksi Di Kelas XI SMAN 1 Sungayang” Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini didasarkan pada tidak adanya ketersediaan LKPD yang menggunakan model pembelajaran, sehingga berdampak pada kurangnya keaktifan dan pemahaman konsep peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada Materi Laju Reaksi yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap develop. Tahap define dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi dilapangan. Setelah mendapatkan kondisi dilapangan, selanjutnya dilakukan perancangan (design) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada Materi Laju Reaksi. Setelah proses perancangan LKPD berbasis POE selesai dilakukan maka dilanjutkan dengan uji validitas dan praktikalitas yang ada pada tahapan develop. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) sudah memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi 93,14%, 2) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) sudah memenuhi kriteria sangat praktis dengan hasil angket respon 91,05%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD kimia yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik.