Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterbatasan buku paket atau bahan ajar yang digunakan oleh peserta didik. selain itu, kurangnya keaktifan dari peserta didik dan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi khusunya, kebanyakan peserta didik tidak ada yang bertanya atau menanggapi dalam proses pembelajaran, dikarenakan kurangnya rasa percaya diri serta tidak adanya motivasi belajar dari peserta didik. pennelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan modul IPA berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Trasferring (REACT) pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach And Development) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, Disseminate. Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Develop. Modul ini divalidasi oleh 3 orang pakar yang terdiri dari 2 orang dosen dan 1 orang guru. Serta modul dipraktisi oleh 1 orang guru dan 21 orang peserta didik kelas VII MTsN 5 Tanah Datar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar uji validasi dan lembar uji praktikalitas. Hasil validasi modul berbasis REACT menperoleh persentase 92%. Sementara itu, hasil uji praktikalitas modul berbasis REACT memperoleh persentase yaitu 83% oleh guru dan 96% oleh peserta didik dengan kriteria sangat praktis.