Abstract:
Pokok permasalahan dalam tesis ini adalah rendahnya resiliensi diri siswa di SMP 2 Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat serta mengkaji biblio konseling dengan menggunakan teknik cinematherapy terhadap peningkatan reseliensi diri.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah kuantitatif dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-exsperimental design dengan tipe one groups pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMP 2 Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Sampelnya adalah siswa yang memiliki reseliensi diri yang rendah sebanyak dua belas orang siswa, dengan teknik penarikan sampel yaitu purposive sampling.
Dari penelitian yang penulis lakukan dilapangan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan biblio teknik cinematherapy dapat meningkatkan resiliensi diri siswa SMP N 2 Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Dimana resiliensi diri tersebut ada empat aspek yang mengalami peningkatan diantaranya aspek kemampuan menghadapi masalah, aspek kemampuan untuk bertindak dalam mengatasi masalah, aspek kemampuan menjadi kuat atas kesulitan yang dialami, aspek kesadaran akan tujuan masa depan untuk bangkit dari masalah (a sesnse of purpuse and future) yang mana keempat aspek ini berada pada kategori sedang.