Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena hasil observasi lapangan di SMP N 1 Tigo Lurah menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan dimasa pandemi Covid-19 terbatas serta minimnya kepedulian siswa dan masyarakat terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Modul Elektronik Berbasis Literasi Lingkungan pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya di kelas VII SMP N 1 Tigo Lurah yang valid dan praktis. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Reseach and development (R&D). Menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk modul elektronik berbasis literasi lingkungan pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya divalidasi oleh 2 orang dosen IAIN Batusangkar dan satu orang guru SMP N 1 Tigo Lurah. Hasil validasi ke tiga validator memperoleh rata-rata persentase kevalidan sebesar 83% kategori sangat valid. Kepraktisan modul elektronik oleh guru memperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 75% kategori praktis dan respon siswa rata-rata 88% kategori sangat praktis sehingga Modul Elektronik Berbasis Literasi Lingkungan pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya sangat valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.