Abstract:
ABSTRAK Winda Febriani, NIM 1730106055 (2022). Judul Skripsi: “ Pengembangan Modul Berbasis Scaffolding Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI MAN 4 Tanah Datar”. Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran yang masih berpusat kepada guru (Teacher center), sumber belajar seperti buku paket, work sheet belum dapat mengoptimalkan pemahaman peserta didik dalam memahami pembelajaran dan kurangnya motivasi peserta didik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran biologi berbasis scaffolding yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D). Desain yang digunakan adalah desain 4-D yang memiliki 4 tahap atau 4 fase, yaitu tahap pendefenisian (Define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (dissemination). Tahap penyebaran (dissemination) tidak dilaksanakan karena keterbatasan biaya dan waktu dalam penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis lembar validasi, angket, dan lembar wawancara baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran biologi berbasis scaffolding dinilai sangat valid oleh 3 orang validator, dengan persentase 83 %, dinilai sangat praktis oleh peserta didik dengan persentase 87 %, dan dinilai sangat praktis oleh guru dengan persentase 82%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa modul pembelajaran biologi berbasis scaffolding pada materi sistem pencernaan sudah layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Key Word: Modul, Pembelajaran Biologi, Scaffolding.