Publikasi IAIN Batusangkar

Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Pada Pembelajaran Biologi SMA Negeri 1 X Koto Diatas

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SUCI DESMAYANTI PUTRI
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:46:55Z
dc.date.available 2022-05-19T08:46:55Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-15
dc.identifier.isbn NIM:1830106057
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200220
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/epLqeq1tLzgeShI5SGfkFbgvtt85Y8U.pdf
dc.description.abstract Suci Desmayanti Putri, NIM 1830106057, Judul Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Pada Pembelajaran Biologi SMA Negeri 1 X Koto Diatas”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2022. Permasalahan penelitian ini yang peneliti peroleh dari hasil observasi awal berkaitan dengan kurangnya minat peserta didik mengikuti pembelajaran biologi dan peserta didik lama dalam menyerap materi. Hal ini disebabkan guru selalu memakai model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran. Metode ceramah yang digunakan membuat guru tidak menjelaskan materi dengan konsep-konsep, tetapi menjelaskan materi secara utuh, sehingga kurangnya rasa ingin tahu peserta didik. Model pembelajaran konvensional juga membuat guru mengajarkan materi dengan satu cara saja, sehingga peserta didik tidak dapat belajar sesuai dengan kepribadiannya. Akibat permasalahan tersebut membuat hasil belajar peserta didik rendah dan pembelajaran tidak berlangsung efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Accelerated Learning lebih baik dari pada hasil belajar biologi peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional kelas X MIPA SMA Negeri 1 X Koto Diatas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasy Experimental yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2021/2022. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan rancangan posttest only control group design dengan instrumen berupa tes dalam bentuk essay yang diolah secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Accelerated Learning lebih baik dari hasil belajar biologi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dari uji hipotesis yaitu thitung > ttabel 1,89 > 1,671 yang membuat hipotesis diterima. Hal ini juga dibuktikan dari nilai rata-rata kelas eksperimen 85,26 dan nilai rata-rata kelas kontrol 65,46. Jadi, model pembelajaran Accelerated Learning dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik dan dapat diterapkan pada materi biologi lainnya.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Biologi - Pendidikan
dc.subject.ddc 574.07
dc.subject.ddc 574.07
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Pada Pembelajaran Biologi SMA Negeri 1 X Koto Diatas
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku