Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan sumber belajar yang digunakan oleh peserta didik dan kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar berupa LKPD dan bahan ajar lainnya. Selain itu proses pembelajaran masih lebih dominan satu arah, pendekatan pembelajaran yang melatih keterampilan argumentasi siswa juga jarang digunakan, kemudian bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran belum terintegrasi nilia keislaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk E-LKPD Berbasis STWH Terintegrasi Nilai Keislaman Pada materi sistem sirkulasi dan sistem pencernaan untuk Siswa Kelas XI MAN Kota Sawahlunto yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Diseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket validitas dan angket kepraktisan. Data validasi dan praktikalitas yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan skala likert 1- 4. Hasil validasi ditampilkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi semua aspek sebuah penelitian pengembangan sudah sesuai dengan karakteristik sebuah bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan berbasis pendekatan STWH terintegrasi nilai keislaman. Bahan ajar yang dihasilkan memiliki persentase validitas sebesar 98,7% dengan kategori sangat valid dan rata-rata kepraktisan dengan hasil 100% berdasarkan respon angket guru dan 89% berdasarkan respon angket peserta didik pada kategori sangat praktis, sehingga E-LKPD Berbasis STWH Terintegrasi Nilai Keislaman ini sudah bisa digunakan dalam pembelajaran