Abstract:
ABSTRAK MESI DWI RAHMAN, NIM:1730404050, Judul skripsi “ Analisis Peningkatan Volume Penjualan Kopi Sahabat Baru Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah tingkat perekonomian di daerah batusangkar menurun pada masa Pandemi Covid-19 di beberapa bidang usaha. Namun hal ini berbanding terbalik dengan Usaha Kopi Sahabat Baru, dimana volume penjualan Kopi Sahabat Baru pada masa pandemi Covid-19 jauh meningkat dari pada tahun sebelumnya, hal ini di buktikan bahwa jumlah produksi Kopi dan Omset penjualan Usaha Kopi Sahabat Baru meningkat. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk menganalisis peningkatan volume penjualan pada usaha kopi sahabat baru di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari Penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa kenaikan volume penjualan pada usaha kopi sahabat baru disebabkan oleh banyaknya permintaan dari konsumen langsung dan pedagang eceran, dimana banyaknya masyarakat yang dirumahkan karena adanya covid-19 ini dan menyebabkan orang banyak mengkonsumsi kopi untuk ketenangan di rumah. dimana hal tersebut dapat dilihat dari omset penjualan usaha kopi sahabat baru pada tahun 2018 memproduksi 2.000 kg dengan omset Rp. 60.000.000 pertahun, pada tahun 2019 memproduksi 1.150 kg dengan omset Rp. 45.000.000 pertahun, pada tahun 2020 memproduksi 2.500 kg dengan omset RP. 75.000.000 pertahun. Maka usaha kopi sahabat baru ini mengalami kenaikan omset dari tahun ke tahun, sedangkan pada masa pandemi covid-19 tahun 2020 usaha kopi sahabat baru ini mengalami kenaikan volume penjualan dan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya karena banyaknya masyarakat yang dirumahkan sehingga tingkat konsumsi kopi lebih meningkat dan menyebabkan naiknya penjualan pada usaha Kopi Sahabat Baru pada masa pandemi. Ketidak seimbangan penjualan juga disebabkan oleh faktor lain yaitu kondisi dan kemampuan pasar. Disini penjual dapat meyakinkan pembeli agar berhasil mencapai sasaran penjualan yang diharapkan untuk maksud tertentu, penjual harus memahami beberapa masalah penting yang sangat berkaitan yaitu: Jenis dan karakteristik barang yang ditawarkan, harga produk, syarat penjualan seperti pembayaran, pengantaran, garansi, dan sebagainya.