Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan siswa dalam memahami materi dalam belajar dan juga hasil belajar siswa yang rendah di kelas VI SDN 11 Lawang Mandahiling, siswa belum bisa menemukan konsep yang dipelajari sehingga siswa sering lupa pada pelajaran yang baru dipelajari, dan pembelajaran hanya dilakukakan berdasarkan instruksi dari guru.Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 11 Lawang Mandahiling Kecamatan Salimpaung. Jenis penelitian ini merupakan model eksperimen menggunakan desain Pre- Eksperimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 11 Lawang Mandahiling yang berjumlah 21 siswa. data yang dikumpulkan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensia dengan uji t. Hasil peneltian yang di dapatkan, pendekatan saintifik memberikan hasil yang lebih baik. Dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar kelas VI yang diberi perlakuan pendekatan saintifik. Pada hasil belajar uji t di peroleh thitung = 14,27, untuk ttabel = 2, 101. Karena Thitung > Ttabel maka H1 diterima artinya terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.