Publikasi IAIN Batusangkar

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP N 1 Rambatan

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author NURUL FITRAH RAMADANI
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:47:23Z
dc.date.available 2022-05-19T08:47:23Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-15
dc.identifier.isbn NIM:1730106037
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200133
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJy7F%2BM71ufifJ9t6JWV4yhoZhAoK3vStWa6sK5kLf4HDn1I1asgH8nSohOkvtwG1S5heoI930sPrzStGdmaymFTNwv1h2BQb1IDdVHaw3b%2BMe7U6%2FJ6LI%2BbVzQAUzsLPVccDH3IxmP2Dz8YZAHNQzRg0nWQpwKAlA%3D
dc.description.abstract Nurul Fitrah Ramadani, NIM. 1730106037 (2021). Judul Skripsi: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP N 1 Rambatan”. Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang ditemukan di lapangan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas guru hanya menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan buku cetak dan powerpoint, kemudian memberikan tugas diakhir pembelajaran. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam belajar dan saat diberikan pertanyaan peserta didik kesulitan dalam menjawab pertanyaan. Sebelumnya guru pernah menggunakan LKPD saat pelaksanaan praktikum yang berisi pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta didik saat proses praktikum berlangsung. Hal ini juga mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah dan berfikir kritis peserta didik tidak meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis Discovery Learning pada materi sistem pencernaan manusia Kelas VIII SMP N 1 Rambatan yang valid dan praktis. Jenis Penelitian yang diterapkan melalui kegiatan ini adalah penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Namun yang dikembangkan hanya sampai pada tahap develop. Produk LKPD divalidasi oleh 2 orang dosen biologi IAIN Batusangkar dan 1 orang guru mata pelajaran IPA, dan uji coba praktikalitas oleh 16 orang peserta didik SMP N 1 Rambatan menggunakan instrument validasi dan instrument praktikalitas. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu LKPD berbasis Discovery Learning yang dinilai oleh 3 validator dengan rata-rata hasil persentase 79% pada kategori valid dan rata-rata kepraktisan oleh guru memperoleh hasil 81% dengan kategori sangat praktis dan rata-rata kepraktisan oleh peserta didik yang diperoleh adalah 94% dengan kategori sangat praktis, sehingga dapat diartikan bahwa LKPD berbasis Discovery Learning ini sudah bisa digunakan. Kata Kunci: LKPD, Discovery Learning
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Pencernaan
dc.subject.ddc 574.1
dc.subject.ddc 574.1
dc.title Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP N 1 Rambatan
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku