Abstract:
DENA AGUS SELA, NIM 1730404017, Judul Skripsi: “Metode Pemasaran Usaha Keripik Singkong di Nagari Sungai Patai dalam Persaingan Pasar dan Kemajuan Teknologi”. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah pada persaingan pasar yang semakin ketat sekarang, penggunaan kemajuan teknologi seperti media sosial dalam memasarkan produk pada usaha keripik singkong di Nagari Sungai Patai masih sangat minim sehingga produk yang dipasarkan kurang diketahui masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pemasaran usaha keripik singkong di Nagari Sungai Patai dalam persaingan pasar dan kemajuan teknologi. Jenis penelitian yang penulis digunakan adalah penelitian lapanganan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data yang berhubungan dengan inti permasalahan, selanjutnya disajikan dalam bentuk uraian singkat dan terakhir menyimpulkan data-data tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah metode pemasaran usaha keripik singkong di Nagari Sungai Patai dalam persaingan pasar yaitu melalui bauran pemasaran dalam strategi produk yang diterapkan Usaha Sanjai Keluarga tidak jauh berbeda dari yang diterapkan oleh Keripik Singkong Rahmat, produk yang ditawakannya sama yaitu keripik singkong balado dan original. Berbeda dengan Keripik Singkong Empat Saudara menawarkan berbagai rasa keripik yaitu keripik singkong rasa cokelat, cabe hijau, balado dan original. Akan tetapi Usaha Sanjai Keluarga memiliki keunggulan dalam cita rasa produk yang khas dan alami dengan menggunakan daun kunyit sebagai bumbu pokoknya. Penetapan harga yang dilakukan sama dengan usaha keripik singkong lainnya ialah sesuai dengan harga pasar. Akan tetapi Usaha Sanjai keluarga dalam menetapkan harga jual tidak dipengaruhi oleh naik atau turunnya harga bahan pokok. Dalam memasarkan produk Usaha Sanjai Keluarga sudah terbilang baik dengan menggunakan teknologi media sosial dan mulut ke mulut, dari pada Usaha Keripik Singkong Empat Saudara dan Keripik Singkong Rahmat yang hanya melalui mulut ke mulut saja. Metode pemasaran usaha keripik singkong di Nagari Sungai Patai dalam kemajuan teknologi yaitu perkembangan teknologi sekarang membawa perubahan pada kegiatan, askses internet kini menjadi kebutuhan sehari-hari bahkan banyak dijadikan sebagai mata pencaharian bagi penjual online seperti Usaha Sanjai Keluarga memanfaatkan teknologi media sosial dalam memasarkan produk dan untuk memperluas pangsa pasar.