Publikasi IAIN Batusangkar

“Strategi Pemasaran Dakak-Dakak Pada Industri Rumah Tangga Dua Putri di Nagari Simabur Kecamatan Pariangan”

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author HANIFAH NURHAMILA
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:48:51Z
dc.date.available 2022-05-19T08:48:51Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-14
dc.identifier.isbn NIM:1730404036
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200336
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/xetBfgqO6r5q4K8wBX7kcTbWWugTGIC.pdf
dc.description.abstract Hanifah Nurhamila NIM: 1730404036, Judul Skripsi: ”Strategi Pemasaran Dakak-Dakak Pada Industri Rumah Tangga Dua Putri di Nagari Simabur Kecamatan Pariangan”. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah letak lokasi produksi tidak strategis karena jauh dari keramaian dan promosi yang dilakukan kurang efektif, akan tetapi dilihat dari data penjualan cenderung meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan pada Industri Dakak-dakak Dua Putri dalam meningkatkan penjualan. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menghimpunkan data-data yang berkaitan dengan inti permasalahan, disajikan dalam bentuk uraian singkat selanjutnya menganalisa menggunakan teknik kualitatif dan dihubungkan dengan strategi pemasaran. Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran pada Dakak-dakak Dua Putri melalui bauran pemasaran (marketing mix) 4P,yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi). Strategi produk yang dilakukan Dakak-dakak Dua Putri yaitu dengan menawarkan berbagai variasi produk, mempertahankan rasa setiap produknya, pada pengemasan diberi label merek, mengutamakan kualitas bahan baku dan kebersihan akan produk. Strategi yang dilakukan melalui harga yaitu menawarkan harga yang terjangkau kepada konsumen, memberikan diskon atau potongan harga dan sistem pembayaran dapat dilakukan dengan melalui transfer atau secara tunai. Strategi yang dilakukan melalui distribusi yaitu melakukan perluasan pasar dengan cara mendistribusikan ke Batusangkar, Payakumbuh dan Bukitinggi yang di antarkan secara langsung oleh pemilik. Strategi yang dilakukan melalui promosi yaitu melalui mulut ke mulut, membuat merek dengan mencantumkan No. Hp juga alamat usaha dan langsung mempromosikannya ke toko-toko untuk memasarkannya.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Pemasaran
dc.subject.ddc 380.1
dc.subject.ddc 380.1
dc.title “Strategi Pemasaran Dakak-Dakak Pada Industri Rumah Tangga Dua Putri di Nagari Simabur Kecamatan Pariangan”
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku