Abstract:
Gusnita. NIM 1730304013 (2017). Judul Skripsi: “Pemanfaatan Perpustakaan “Anak Nagari” Sebagai Sumber Belajar Masyarakat Di Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan Kabupaten Tahun 2022. Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2017. Pokok permasalahan yang dibahas dalam penulisan skripsi ini adalah Pemanfaatan Perpustakaan “Anak Nagari” Sebagai Sumber Belajar Masyarakat Di Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan ini belum dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pemanfaatan perpustakaan nagari sebagai sumber belajar masyarakat Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif untuk mendapatkan fakta-fakta nyata yang ada dilapangan terkait permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data dapat diuraikan secara deskriptif dan dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan “Anak Nagari” di Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan merupakan salah satu tempat pendidikan yang mampu memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan baik. Pemanfaatan dilakukan dengan cara masyarakat datang ke perpustakaan untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Upaya yang dilakukan perpustakaan agar masyarakat memanfaatkan perpustakaan yaitu dengan cara mempromosikan perpustakaan kepada masyarakat melalui penyebaran brosur-brosur, dan mempromosikan lewat media sosial. Karena ada beberapa kendala-kendala yang ada diperpustakaan seperti: Ruang perpustakaan yang sempit, koleksi yang terbatas, keterbatasan fasilitas kemudian anggaran untuk perpustakaan belum terpenuhi. Akibat dari kendala-kendala ini dapat menyebabkan kurang aktifnya perpustakaan nagari, kebutuhan pemustaka tidak terpenuhi dengan maksimal sehingga perpustakaan belum terlihat aktif.