Abstract:
Rena Putri Anas, NIM 1730304030, judul skripsi “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa Terhadap Koleksi Buku Islam di Perpustakaan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Batu Taba”. Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2022. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah kurangnya minat dan motivasi siswa dalam membaca koleksi buku Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa terhadap koleksi buku Islam di perpustakaan MAS Batu Taba sehingga dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya kita dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di perpustakaan MAS Batu Taba. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan perpustakaan MAS Batu Taba dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan media seperti handphone, buku dan pulpen. Pada penelitian ini Sumber data yang didapatkan adalah sumber data primer, yaitu data yang ditemukan langsung di lapangan dari objek atau narasumber yang teliti, dan ditambah dengan data sekunder, yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung oleh peneliti dari lokasi penelitian seperti buku-buku, jurnal dan karya ilmiah. Teknik analasis data yang dilakukan adalah dengan reduksi data, penyajian serta penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan diketahui minat baca siswa terhadap koleksi buku Islam sangat rendah, hal ini dibuktikan dengan data statistik peminjaman buku di perpustakaan MAS Batu Taba yang menunjukkan peminjaman buku dari bulan agustus-november koleksi buku Islam sangat sedikit dipinjam dari pada buku komik, novel romance dan buku umum. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa terhadap koleksi Islam rendah dikarenakan kurangnya kebiasaan membaca buku Islam, kurangnya motivasi dari orang tua, pengaruh lingkungan pertemanan, faktor jenis kelamin yang mempengaruhi selera bacaan, kurangnya motivasi dari dalam diri dan pengaruh media sosial yang membuat siswa malas untuk membaca, salah satunya membaca koleksi buku Islam. Upaya atau usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan kompetisi membaca koleksi buku Islam, atau program membaca satu bulan satu buku Islam yang dipantau oleh orang tua, pemberian reward terhadap siswa yang rajin membaca koleksi buku Islam dan adanya punishment terhadap siswa yang tidak membaca koleksi buku Islam, sehingga dengan kegiatan ini kita dapat menumbuhkan minat baca siswa terhadap koleksi buku Islam.