Abstract:
Hesti Sulistiani. NIM 1730404037. Judul Skripsi: “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Susu pada Unit Pengolahan Susu Permata Ibu (Serambi Milk) Kota Padang Panjang”. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah penjulan pada Unit Pengolahan Susu Permata Ibu (Serambi Milk) pada bulan Januari- Juni 2021 mengalami kenaikan dan penurunan. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Unit Pengolahan Susu Permata Ibu (Serambi Milk) dalam meningkatkan penjualan. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan meteode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan inti permasalahan, selanjutnya disajikan dalam bentuk uraian singkat dan menyimpulkan data-data tersebut. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran pada Unit Pengolahan Susu Permata Ibu (Serambi Milk) melalui bauran pemasara 4P, yaitu Produk, Harga, Tempat/Distribusi dan Promosi. Strategi yang dilakukan melalui produk yaitu dengan menawarkan berbagai macam varian serta membuatkan varian baru dari permintaan konsumen. Strategi yang dilakukan melalui harga yaitu dengan menetapkan harga sesuai dengan kualitas produk serta memberikan pilihan pembayaran yaitu melalui transfer dan tunai. Strategi yang dilakukan melalui tempat/distribusi dengan melakukan perluasan pasar yaitu membuat booth di pusat kota serta mendistribusikan produk ke seluruh daerah Sumatera Barat dan Luar Sumatera Barat seperti Jambi, Pekanbaru, Dumai, Padang Sidempuan dengan sistem pengantarannya melalui bus atau travel. Strategi yang dilakukan melalui promosi yaitu dengan memberikan potongan harga kepada pelanggan tetap dan mepromosikan melalui brosur, milk morning, dan media sosial.