Abstract:
Nella Mardiani, NIM. 1730304025, judul skripsi “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis di SMA Negeri 3 Batusangkar”. Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah implementasi gerakan literasi sekolah sebagai upaya meningkatkan keterampilan membaca dan menulis di SMA Negeri 3 Batusangkar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk implementasi GLS sebagai upaya meningkatkan keterampilan membaca dan menulis, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan GLS serta peran perpustakaan terhadap pelaksanaan GLS sebagai upaya meningkatkan keterampilan membaca dan menulis di SMA Negeri 3 Batusangkar. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penjaminan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, sumber dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian: (1) Bentuk implementasi GLS sebagai upaya meningkatkan keterampilan membaca dan menulis di SMA Negeri 3 Batusangkar berupa program antara lain; reading morning, menulis diary book, parenting local, pojok literasi, mading sekolah, bedah buku, penulisan autobiografi siswa, penulisan kompilasi essay sederhana, menulis cerpen, resensi buku, pemilihan pembaca terbaik, morning news,IHT(In House Training) penulisan essay bagi guru, IHT (In House Training) kepenulisan bagi siswa. (2) Faktor pendukung implementasi gerakan literasi sekolah di SMA Negeri 3 Batusangkar yaitu: peran aktif warga sekolah, program, siswa, dukungan dari orang tua dan komite sekolah, lingkungan sekolah yang kondusif, fasilitas. Sedangkan faktor penghambatnya: konsistensi pihak penyelenggara, kondisi buku yang mulai rusak karena termakan usia, serta terbatasnya jumlah koleksi buku fiksi untuk penunjang Gerakan Literasi Sekolah di pojok literasi, tidak semua siswa memiliki minat dan kecintaan yang sama terhadap literasi, alokasi waktu, dan sosialisasi program GLS. (3) Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan GLS yaitu perpustakaan berperan sebagai sumber informasi, perpustakaan berperan dalam menghimpun karya siswa dan melestarikannya, perpustakaan berperan sebagai lembaga pendidikan non formal.