Abstract:
TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING ENGLISH VOCABULARY (A Study of the English Teachers of State Junior High Schools in Kecamatan Lima Kaum)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya strategi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di sekolah menengah tingkat pertama di Tanah Datar dalam meningkatkan kosa kata siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kosa kata siswanya pada sekolah menengah tingkat pertama ini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru bahasa Inggris dan siswa menengah tingkat pertama yang ada di kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode snowball sampling. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang dipilih oleh peneiti adalah wawancara. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan Triangulasi Source antara guru bahasa inggris dengan siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan mengacu pada Miles and Huberman yaitu data reduction, data display dan data verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru bahasa Inggris dalam meningkatkan kosakata di sekolah adalah presentation strategies (using of picture, using body movement (gesture), using video, translation and exemplification), practice strategy (classroom test and games), strategy for strategies training (guessing from context and looking up dictionaries).