Abstract:
TEACHERS’ STRATEGIES IN INTEGRATING CHARACTER VALUES IN TEACHING ENGLISH (A Study of the Seventh Grade English Teachers at SMPs Piloting Curriculum 2013 in Tanah Datar Regency)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tergambarnya strategi yang digunakan guru dalam mengintegrasikan nilai–nilai karakter di kelas Bahasa Inggris di SMPN 1 Sungai Tarab dan SMPN 1 Padang Ganting sebagai sekolah yang menjadi percontohan implementasi kurikulum 2013 di Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi guru Bahasa Inggris dalam mengintegrasikan nilai–nilai karakter dalam proses pembelajaran bahasa inggris.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 1 orang guru Bahasa Inggris SMPN 1 Sungai Tarab dan 1 orang guru Bahasa Inggris SMPN 1 Padang Ganting. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen kunci penelitian ini adalah peneliti sendiri. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Peneliti melakukan observasi terhadap informan kemudian merekamnya dengan bantuan recorder. Kemudian peneliti melakukan wawancara tidak terstruktur dengan menggunakan panduan wawancara. Untuk menguji kebenaran data, peneliti melakukan triangulasi teknik pengambilan data. Selanjutnya untuk menganalisis data, peneliti mengacu pada teori Miles dan Huberman (2012), dengan langkah–langkah reduksi data, data display dan verifikasi data.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris tersebut mengintegrasikan nilai–nilai karakter dalam pembelajaran bahasa inggris melalui beberapa strategi. Pertama, mengintegrasikan nilai–nilai karakter ketakwaan, peduli, disiplin, percaya diri, sopan dan bertanggung jawab melalui pembiasaan di dalam kelas dalam kegiatan pembukaan, inti dan penutup. Kedua, mengintegrasikan nilai–nilai karakter kerja sama, tanggung jawab, dan toleransi di dalam kegiatan inti melalui strategi pembelajaran kooperatif di dalam kelas Bahasa Inggris