Abstract:
ASRIL, NIM. 15300400015, Judul Skripsi : “STUDENTS’ DIFFICULTIES IN USING ENGLISH ONLY IN MICRO TEACHING CLASS” Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negri Batusangkar.
Masalah dari penelitian ini adalah masih adanya mahasiswa yang menggabungkan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia ketika melakukan praktek mengajar di kelas micro teaching, padahal dosen menyuruh mereka untuk menggunakan bahasa Inggris saja ketika tampil praktek mengajar. Sebagian dari mereka juga tampak ragu ragu dan bingung ketika menyampaikan materi hanya menggunakan bahasa Inggris saja di kelas micro teaching.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan kesulitan kesulitan yang di alami mahasiswa ketika menggunakan bahasa Inggris saja ketika mengajar di kelas micro teacing.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 10 orang mahasiswa Bahasa Inggris yang mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris saja ketika melakukan praktek mengajar di kelas micro teaching dan di kelas itu dosen menginstruksikan untuk menggunakan bahasa Inggris saja untuk tampil mengajar. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan menggunakan alat pendukung lainnya seperti interview guideline, tape recorder dan documentation. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan perpanjangan waktu untuk menggali informasi lebih rinci terkait masalah yang diteliti. Selanjutnya, untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teori Miles and Huberman (1994) yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunujukan bahwa kesulitan yang dialami mahasiswa ketika tampil praktek mengajar dalam menggunakan bahasa Inggris saja di kelas micro teachnig ada 8, yaitu : 1) kesulitan dalam memilih kosa kata yang akan digunakan, 2) ragu dan tidak mengerti dalam penggunaan grammar, 3) merasa tidak percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris saja ketika tampil, 4) kesulitan dalam menyampaikan ide dalam bahasa Inggris, 5) keterbatasam kosa kata dalam berbicara bahasa Inggris, 6) merasa cemas berlebihan ketika menggunakan bahasa Inggris secara penuh, 7) ketika mengucapakan kata per kata nya mahasiswa mendapat kesulitan bagaimana cara mengucapkan kata dalam bahasa Inggris secara benar dan 8) mereka takut melakukan kesalahan ketika menggunkan bahasa Inggris saja ketika mengajar.