Abstract:
CHAIRUN NISA, 15 300 400 019, judul skripsi “STUDENT-TEACHERS’ PERCEPTION ON THEIR DIFFICULTIES IN APPLYING THE PRINCIPLES OF CLASSROOM MANAGEMENT DURING PRE-SERVICE TEACHING (A Study of the Eight Semester Students of English Department of IAIN Batusangkar Registered in 2018/2019 Academic Year)” Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2019.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya persepsi mahasiswa mengenai kesulitannya dalam menerapkan prinsip manajemen kelas saat PPL. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa tersebut tentang kesulitannya dalam menerapkan prinsip manajemen kelas saat PPL.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan cross-sectional design. Penelitian ini mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap kesulitan mereka dalam menerapkan prinsip manajemen kelas saat PPL. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris yang mengambil mata kuliah PPL pada semester 8 yang berjumlah 36 orang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik total sampling. Dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan yaitu lembaran angket yang berisi tentang persepsi mahasiswa tentang kesulitannya dalam menerapkan prinsip manajemen kelas saat PPL. Hasil dari validitas instrumen ini secara umum adalah 0,67 (tinggi), sedangkan hasil validasi dari masing-masing validator adalah 0,57 (sedang) dari validator pertama, 0,89 (sangat tinggi) dari validator kedua dan 0,57 (sedang) dari validator ketiga. Hasil dari reliabilitas instrumen adalah 0,84 (sangat tinggi). Setelah itu peneliti membagikan instrumen kepada sampel penelitian untuk diisi.
Setelah data dianalisis, didapatkan bahwa persepsi mahasiswa tentang kesulitannya dalam menerapkan prinsip manajemen kelas saat PPL adalah moderate (menengah) dengan rata-rata 114,44. Jika dispesifikasikan pada prinsipnya, maka persepsi mahasiswa terhadap kesulitannya dalam menerapkan prinsip manajemen kelas saat PPL adalah sebagai berikut: pada penglihatan, suara dan kenyamanan, hangat dan antusias, penggunaan variasi, luwes, dan penekanan hal positif mempunyai persepsi moderate (menengah), pada penyusunan tempat duduk, penggunaan papan tulis, menciptakan tantangan, penekanan hal positif, dan perilaku yang baik mempunyai persepsi low (rendah), pada penggunaan peralatan mempunyai persepsi very low (sangat rendah). Jadi, persepsi mahasiswa tentang kesulitan mereka dalam menerapkan prinsip manajemen kelas saat PPL adalah moderate (menengah).