Abstract:
Reza Ridhatul Hayati, NIM 1830109052 judul skripsi “Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Ibu Sikaladi Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, 2022. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah masih terdapat kelemahan pada beberapa anak dalam menjalin interaksi dan komunikasi. Selain itu, anak yang memiliki kecerdasan interpersonal yang kurang baik, lebih cenderung memiliki motivasi belajar yang kurang dibandingkan anak yang kecerdasan interpersonal baik. Dengan memiliki kecerdasan interpersonal yang baik akan memudahkan dalam belajar. Terbiasa bersosialisasi sehingga mampu bekerja sama dalam kelompok belajar. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kecerdasan Interpersonal dengan Motivasi Belajar AnakUsia 5-6 Tahun di TK Harapan Ibu Jorong Sikaladi Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Penelitian ini menggunakan pupolasi seluruh murid yang ada di TK Harapan Ibu Sikaladi yaitu sebanyak 29 orang murid dan menggunakan teknik total sampling didapatkan sampel sebanyak 29 orang murid. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert, dan teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dan hasil olahan data penelitian, penulis dapat menemukan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Penulis juga melakukan uji korelasi menggunakan SPSS 22 mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,864 yang artinya korelasi kedua variabel tersebut kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan motivasi belajar pada anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Ibu Sikaladi.