Abstract:
ABSTRAK Silvi Meriyani, Nim 1830401135, Judul Skripsi “Faktor-Faktor yang menentukan Pedagang dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Rambatan)” Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, tahun ajaran 2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Faktor-faktor yang menentukan Pedagang Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah. Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang menentukan pedagang dalam memilih jasa perbankan syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan memakai metode kualitatif deskriptif untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Faktor pertama, faktor emosional yang terdiri dari religiusitas, psikologis, dan atribut produk. Tetapi faktor yang paling dominan pada bagian ini didapat dari responden menyetujui bahwa semua responden menjawab senang dan setuju bahwa bank syariah melaksanakan prinsip syariah dalam setiap transaksi dalam setiap praktik transaksi perbankanya. Artinya alasan mereka memilih jasa perbankan syariah karena setiap praktik transaksi sudah sesuai dengan prinsip syariah Faktor yang kedua, yaitu faktor rasional yang terdiri dari pelayanan, kenyamanan, dan kepuasan. Faktor yang dominan yaitu kepuasan, dimana tingakt kepuasan yang didapatkan tergantung pelayanan dan kenyaman yang diberikan bank kepada nasabah. Dimana nasabah saat mendapatkan sesuatu yang melebihi harapan pelanggan saat itu lah pelanggan mendapatkan kepuasan. Kata kunci: Emosional dan Rasional