Abstract:
ILHAM FEBRIAN, NIM 1830401062, Judul Skripsi : “Strategi Pemasaran Pembiayaan Qardh Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Modern Al Kautsar dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat”. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Tahun 2022. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi pemasaran pembiayaan qardh Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Modern Al Kautsar dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi pemasaran pembiayaan qardh Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Modern Al Kautsar dalam pemberdayaan ekonomi umat serta kendala yang dihadapi dalam memasarkan pembiayaan qardh. Jenis penelitian ini yaitu (field research) pada Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Modern Al Kautsar dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menggambarkan tentang strategi pemasaran pembiayaan qardh Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Modern Al Kautsar dalam pemberdayaan ekonomi umat. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara dengan Ketua Pengurus, Supervisor, dan Nasabah serta melalui dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode triangulasi sumber, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan untuk menyimpulkan semua informasi yang telah didapat. Hasil penelitian yang penulis peroleh menunjukkan bahwa strategi pemasaran pembiayaan qardh Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Modern Al Kautsar dalam pemberdayaan ekonomi umat yaitu memiliki beberapa strategi diantaranya Pertama, strategi melalui (product) produk yaitu dengan menerapkan akad qardh pada penyaluran pembiayaan dengan persyaratan yang tidak menyulitkan calon nasabah. Kedua, strategi melalui harga (price) yaitu pada BWM ini hanya tersedia produk pembiayaan qardh yang didalam pelaksanaannya tidak ada sama sekali margin atau suku bunga (bahasa yang lebih popular di masyarakat). Ketiga, strategi melalui tempat (place) dengan posisi sangat strategis. Keempat, strategi melalui promosi (promotion) dengan melakukan 6 cara didalamnya seperti: Pengurus mendampingi supervisor dalam promosi, pendekatan tokoh masyarakat, brosur, kelender, siaran radio, sistem jemput bola, menghimbau nasabah untuk menceritakan eksistensi Bank Wakaf Mikro dan kepedulian terhadap nasabah. Kelima, strategi melalui orang (people) ialah melalui peningkatan sumber daya manusia melalui memberikan pelatihan kepada pegawai atau semua pengelola Bank Wakaf Mikro untuk meningkatkan skill dalam kegiatan-kegiatan yang menunjang tercapainya tujuan dari Bank Wakaf Mikro. Keenam, strategi melalui proses (process) meliputi kegiatan BWM PPM Al Kautsar dimulai dari awal sampai akhir didalamnya terdapat proses pemberdayaan ekonomi masyarakat yang sangat bagus sekali. Ketujuh, strategi melalui bukti fisik (physical evidence) menandakan ciri khas orang kenal dengan BWM PPM Al Kautsar melalui kartu tanda pengenal.