Abstract:
Skripsi atas nama Cindi Marsha, NIM 18 304 010 25, Judul Skripsi “Strategi Pemasaran Bank Nagari KCP Syariah Pariaman dalam Meningkatkan Minat Pemakaian QRIS Untuk UMKM di Kota Pariaman”. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, tahun 2022. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah kurangnya penggunaan layanan QRIS untuk UMKM. Tujuan dari pembahasan ini untuk mengetahui strategi pemasaran Bank Nagari KCP Syariah Pariaman dalam meningkatkan penggunaan pemakaian QRIS untuk UMKM di Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer yaitu wakil pimpinan Bank Nagari KCP Syariah Pariaman dan customer service Bank Nagari KCP Syariah Pariaman, dan sumber data sekunder yaitu data wawancara dengan nasabah dan UMKM dan brosur. Data yang telah terkumpul diolah, langkah-langkah analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan Bank Nagari KCP Syariah Pariaman pada layanan QRIS telah sesuai dengan strategi pemasaran dengan menggunakan konsep bauran pemasaran (marketing mix) 4P yaitu strategi produk (product), strategi harga (price), strategi tempat (place), strategi promosi (promotion).