Abstract:
YULIANA. NIM 1830401164. Judul Skripsi “Strategi Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah pada Masyarakat”. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, tahun Akademik 2022. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah masih kurangnya pengetahuan masyarakat tentang literasi keuangan syariah dibandingkan pengetahuan masyarakat akan lembaga keuangan konvensional. Maka diperlukan strategi dari lembaga jasa keuangan syariah untuk meningkatkan literasi keuangan syariah agar semakin dikenal dan digunakan oleh masyarakat umum. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar dalam meningkatkan literasi keuangan syariah kepada masyarakat dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar dalam meningkatkan literasi keuangan syariah. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar dalam meningkatkan literasi keuangan syariah di masyarakat dilakukan melalui beberapa program kegiatan yaitu: Pertama, melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang literasi keuangan syariah. Kedua, edukasi melalui media massa dengan menggunakan sarana media cetak dan online. Ketiga, sosialisasi secara langsung. Keempat, edukasi melalui workshop tentang pelatihan yang memberikan pemahaman materi literasi keuangan syariah secara rinci. Kelima, edukasi melalui kegiatan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat. Keenam, edukasi melalui kegiatan lainnya dalam bentuk bazar. Selanjutnya kendala yang dihadapi dalam meningkatkan literasi keuangan syariah adalah kendala internal dan eksternal. Kendala internal terdiri dari keterbatasan jumlah SDM marketing, kendala waktu yang dihadapi dalam melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, banyaknya aplikasi internet banking yang menyebabkan masyarakat/nasabah merasa bingung dengan fungsi dari masing-masing aplikasi. Sedangkan kendala eksternal antara lain, masyarakat belum sepenuhnya memahami berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan, ketidak ingin tahuan masyarakat akan perbedaan Bank Syariah dengan Bank Konvensional, adanya faktor masyarakat yang terbiasa bertransaksi di Bank Konvensional karena bank tersebut merupakan bank pertama kali dikenal oleh masyarakat dan kebiasaan masyarakat yang cenderung lebih terbiasa menghitung dengan acuan suku bunga bank konvensional.