Abstract:
ABSTRAK Thessa Faradila, NIM 1830109058 judul skripsi “Hubungan Relasi Guru-Anak Dengan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Batusangkar Kabupaten Tanah Datar”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, 2022. Masalah pada penelitian ini adalah keterampilan sosial anak usia dini belum berkembang dengan baik, anak cenderung senang bermain sendiri dan memilih untuk duduk memisah dari teman-teman lainnya, anak sulit untuk bersosialisasi dengan anak yang lainnya, anak tidak mau bekerja sama dengan yang lain, anak sukar diatur dan suka membantah. Salah satu aspek yang dapat mempengaruhi keterampilan sosial adalah hubungan atau relasi guru-anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan Hubungan Relasi Guru-Anak Dengan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Pada penelitian ini penulis menggunakan pupolasi seluruh anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Batusangkar Kabupaten Tanah Datar, dan didapatkan sampel sebanyak 50 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis dapat melihat bahwasanya benar adanya relasi guru-anak mempengaruhi keterampilan sosial anak, terkhususnya di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. Hal ini dibuktikan dengan pengujian korelasi secara manual dan dengan aplikasi spss 22, dimana nilai signifikansinya adalah 0,637 yang menandakan bahwa korelasi kedua variabel tersebut kuat.