Publikasi IAIN Batusangkar

Analisis Implementasi Rescheduling Dalam Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah (Studi Pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM) Sumatra Barat Cabang Bandar Buat)

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author ARSITA AULIA SARI
dc.date.accessioned 2022-08-16T07:58:15Z
dc.date.available 2022-08-16T07:58:15Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-10
dc.identifier.isbn NIM:1830401016
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200601
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/55iYawtlIwEIrSR18s5aAZIFXEiwWKs.pdf
dc.description.abstract Arsita Aulia Sari, Nim 1830401016, Judul Skripsi “Analisis Implementasi Rescheduling Dalam Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah (Studi Pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM) Sumatra Barat Cabang Bandar Buat)” Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar tahun Akademik 2022. Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu fluktuasi pembiayaan bermasalah yang melebihi ketentuan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Dan Menengah No.35.2/Per/M.KUKM/X/2007 mengenai batas maksimal pembiayaan bermasalah atau Non Performing Financing (NPF) bagi koperasi yaitu 8%. untuk mengatasi pembiayaan bermasalah tersebut pihak KSPPS melakukan kebijakan rescheduling. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses rescheduling dalam mengatasi dan menyelesaikan pembiayaan bermasalah sekaligus untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi saat proses rescheduling yang dilakukan oleh pihak KSPPS BTM Sumatra Barat Cabang Bandar Buat. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang peneliti lakukan. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah wawancara dan dokumentasi, kemudian diuraikan serta dilakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif. Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa proses rescheduling pada KSPPS BTM Sumatra Barat Cabang Bandar Buat dilakukan dengan cara mengubah jangka waktu pembiayaan, jadwal pembayaran dan jumlah angsuran. Proses rescheduling tetap memperhatikan kriteria karakter dan prospek usaha dari nasabah yang bersangkutan. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala yang menghambat pelaksanaan rescheduling yaitu karakter nasabah, prospek usaha nasabah, kelemahan pihak KSPPS dalam menganalisis dokumen serta kurangnya pengawasan dan monitoring pembiayaan terhadap usaha nasabah secara langsung. Ada juga kendala yang berasal di luar prediksi seperti bencana alam, kecelakaan dan Covid 19. Untuk mengatasi kendala tersebut dan untuk mencegah kerugian yang lebih besar maka langkah akhir yang ditempuh oleh KSPPS apabila nasabah sudah wanprestasi adalah eksekusi jaminan.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Pembiayaan
dc.subject.ddc 332
dc.subject.ddc 332
dc.title Analisis Implementasi Rescheduling Dalam Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah (Studi Pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM) Sumatra Barat Cabang Bandar Buat)
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku