Publikasi IAIN Batusangkar

"Perhitungan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing" (Studi Kasus Pada Usaha Dakak-Dakak Kurnia Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar)

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author REFIKA FEBRIANI
dc.date.accessioned 2022-08-16T07:58:38Z
dc.date.available 2022-08-16T07:58:38Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-08
dc.identifier.isbn NIM:1830403081
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200560
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/SfaivNevLUZtHT6UJyH1AMAK8nAeVU.pdf
dc.description.abstract REFIKA FEBRIANI. NIM 1830403081 (2022). Judul Skripsi: Perhitungan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing (Studi Kasus Pada Usaha Dakak-Dakak Kurnia Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar)”. Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam menetapkan harga pokok produksi Usaha Dakak-Dakak Kurnia belum menetapkan harga pokok produksi sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakana metode full costing pada Usaha Dakak-Dakak Kurnia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan metode penelitian deskripstif kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, dan pengumpulan data diperoleh langsung dari perusahaan. Teknik analisa yang digunakan adalah memperhitungkan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing lebih tinggi dari perhitungan harga pokok produksi berdasarkan metode Usaha Dakak-Dakak Kurnia. Harga pokok produksi menggunakan metode full costing sebesar Rp. 24.000, sedangkan untuk hasil perhitungan dengan menggunakan metode Usaha Dakak-Dakak Kurnia sebesar Rp. 20.500, sehingga terdapat selisih sebesar Rp. 3.500. Hal ini disebabkan Usaha Dakak-Dakak Kurnia belum memasukkan biaya overhead pabrik lainnya yang terjadi selama proses produksi dalam penentuan harga pokok produksi dakak-dakak.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Produksi
dc.subject.ddc 338.54
dc.subject.ddc 338.54
dc.title "Perhitungan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing" (Studi Kasus Pada Usaha Dakak-Dakak Kurnia Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar)
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku