Abstract:
Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah pelaksanaan metode cerita pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SDN 04 Padang Ganting. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui perencanaan pelaksanaan metode cerita pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SDN 04 Padang Ganting, pelaksanaan metode cerita pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SDN 04 Padang Ganting, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode cerita pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SDN 04 Padang Ganting. Jenis penelitian yang penulis gunakan (Field Research), untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif. Dari penelitian yang penulis lakukan dilapangan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode cerita pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SDN 04 Padang Ganting guru sudah melakukan persiapan atau perencanaan yaitu mulai dari merumuskan kompetensi inti sampai kepada melakukan evaluasi pada akhir proses pembelajaran, pelaksanaan metode cerita pada pembelajaran pendidikan agama Islam dilaksanakan sesuai dengan rancangan pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru sebelumnya, sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode cerita pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SDN 04 Padang Ganting terbagi menjadi dua pertama faktor internal (siswa) seperti pemahaman siswa, kondisi psikis, kemamuan belajar, sikap, perhatian dan motivasi, ke dua faktor eksternal (guru) seperti cara mengajar guru, sarana dan prasarana, suasana kelas, metode, strategi, sikap dan perilaku guru, media pembelajaran dan suara guru.