Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII MTsS MUHAMMADIYAH BUNGA TANJUNG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SARIFAH AINI
dc.date.accessioned 2022-08-18T08:04:35Z
dc.date.available 2022-08-18T08:04:35Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-18
dc.identifier.isbn NIM:1830105053
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22201030
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/vR8quNL8Sdt2e98xnf1iRKYEYfbVRE8u.pdf
dc.description.abstract Sarifah Aini. NIM 1830105053 (2022). Judul Skripsi “Pengembangan LKPD Berbasis Model Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Segi Empat Kelas VII MTsS Muhammadiyah Bunga Tanjung”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok pembahasan dalam skripsi ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas VII MTsS Muhammadiyah Bunga Tanjung, sumber belajar yang digunakan belum menunjang proses kemampuan pemahaman konsep matematis. Untuk mengatasinya, maka perlu adanya sumber belajar yang dapat menunjang dan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis model treffinger untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap define, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, dalam tahap ini dilakukan observasi dan wawancara dengan pendidik, analisis sumber belajar, analisis silabus dan RPP, analisis karakteristik peserta didik dan literatur LKPD berbasis model treffinger, (2) tahap design, digunakan untuk merancang design LKPD berbasis model treffinger. Hasil dari tahap design yang dirancang dilanjutkan dengan (3) tahap develop, digunakan untuk melihat validitas, praktikalitas dan efektivitas dari LKPD berbasis model treffinger. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon peserta didik dan pendidik, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah rumus persentase untuk analisis validitas, analisis praktikalitas, sedangkan untuk analisis efektivitas digunakan rumus N-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan LKPD berbasis model treffinger yang dirancang telah valid, praktis, dan efektif. Hasil validitas adalah 80,98% dengan kategori sangat valid. Sementara hasil praktikalitas LKPD berbasis model treffinger yang diperoleh dari angket peserta didik yaitu 84,13% dengan kategori sangat praktis. Kemudian hasil efektivitas LKPD dilihat dari terdapatnya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan N-gain 0,55 % dengan kategori sedang.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject matematika
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII MTsS MUHAMMADIYAH BUNGA TANJUNG
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku