Abstract:
SILVIA EKA PUTRI NIM 1730402075. Judul Skripsi: “Analisis Perilaku Impulse Buying Pada Pembeli Toko Famosta Shop Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam”. Program Strata Satu (S1) Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar 2022. Impulse Buying atau pembelian impulsif didefinisikan sebagai perilaku pembelian yang sebelumnya tidak direncanakan terlebih dahulu dengan ciri pengambilan suatu keputusan yang relatif cepat dan hasrat untuk memiliki. Pembelian seperti ini digambarkan lebih menggairahkan, tidak disengaja, dan sulit untuk dihindari dibandingkan dengan perilaku pembelian terencana. Islam mengatur segenap perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, bagaimana manusia bisa melakukan kegiatan-kegiatan konsumsi yang membawa manusia berguna bagi kemaslahatan hidupnya. Perilaku boros merupakan ciri khas dari impulsive buying, yang selalu melakukan pembelian tanpa perencanaan didasarkan pada keinginan bukan suatu kebutuhan. Dalam perspektif islam, kebutuhan harus ditentukan oleh mashlahah atau manfaat dari konsumsi tersebut. Masalah dari penelitian ini adalah perilaku-perilaku impulse buying dari Pengunjung toko Famosta Shop yang mana mereka masih belum bisa mengendalikan emosi mereka pada saat berbelanja, apalagi jika ada diskon dan promo, saat ada promo dan diskon mereka tertarik untuk berbelanja walaupun produk tersebut tidak terlalu dibutuhkan, mereka hanya mementingkan keinginan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis perilaku impulse buying pada pengunjung toko Famosta Shop Payakumbuh ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat penulis simpulkan bahwa banyak dari pembeli yang memiliki perilaku impulse buying dalam mengkonsumsi suatu barang/produk, mereka secara spontan saja berbelanja, apalagi jika ada promosi dan diskon di toko, emosi mereka sudah tidak terkendalikan lagi pada saat itu. Pembeli toko Famosta Shop tersebut sangat berlebihan serta boros. Sedangkan di dalam Islam perilaku boros sangat dilarang. Namun perilaku yang ditunjukkan oleh sebagian pembeli merupakan hal yang wajar dalam pembelian, karena mereka mengkonsumsi barang yang dibeli tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka dan barang tersebut juga bermanfaat bagi mereka.