Abstract:
ABSTRAK SARI RAMA DONA, NIM 18 301 090 53, Judul Skripsi:“PENGARUH MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK DI TK ISLAM HARAPAN IBU LIMA KAUM”, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2022. Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kecerdasan visual-spasial anak. Hal ini terlihat dari 14 orang anak, 5 orang anak diantaranya tidak mampu menentukan arah kiri dan kanan dan 2 orang anak kesulitan dalam mengingat dan mengelompokkan sesuatu berdasarkan bentuk. Sedangkan saat guru memberikan kegiatan berupa menggambar suatu bentuk, adanya ketidakpekaan anak terhadap warna. Anak hanya akan menggambar suatu bentuk dan mewarnainya sesuai dengan contoh yang diberikan oleh guru, sehingga terdapat 1 anak yang tidak memperhatikan dan tidak mau tahu tentang apa yang diajarkan. Ketika guru menanyakan tentang pelajaran bentuk, arah dan warna kepada anak, masih ada anak yang belum bisa menjawab pertanyaan dari guru. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perhatian guru terhadap kecerdasan visual-spasial anak dalam pembelajaran bentuk, arah dan warna. Kurangnya media yang kongkrit dalam mengenalkan bentuk, arah dan warna pada anak sehingga mengakibatkan anak tidak peka terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimental dan tipe one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak di Tk Islam Harapan Ibu Kec. Lima Kaum Kab. Tanah Datar yang berjumlah 53 orang dan jumlah sampel 14 orang anak dengan teknik pengambilan sampel puposive sampling. Adapaun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Kemudian teknik analisis data memakai t-test (uji-t). Sebelum perlakuan/treatment diberikan kepada anak terlebih dahulu diberikan pretest. Adapun rata-rata hasil pretest adalah 13,71. Setelah dilakukan pretest kemudian diberikan perlakuan/treatment berupa penggunaan media loose parts. Setelah dilakukan treatment terjadi peningkatan yang terlihat dari hasil posttest yang mana rata-ratanya adalah 36,57. Nilai tt taraf 5% adalah 2,160, maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar dari tt yaitu 47,60>2,160. Karena t0 lebih besar dari tt maka hipotesis nihil (h0) yang diajukan ditolak dan hipotesis alternative (ha) diterima. Ini berarti bahwa media loose parts dapat berpengaruh terhadap kecerdasan visual-spasial anak di Tk Islam Harapan Ibu Kec. Lima Kaum Kab. Tanah Datar, pada taraf signifikan 5%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media loose parts dapat memberikan pengaruh terhadap kecerdasan visual-spasial anak.