Abstract:
ABSTRAK AYUNDA SALSABILA ZEIN, NIM 1830109005 (2022) judul skripsi: “PROGRAM KONSERVASI TAAT (TANAMAN OBAT) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEJAK DINI DI TK KHALIFAH”. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana perencanaan, penerapan, kendala, dan evaluasi konservasi tanaman obat dalam pembentukan karakter peduli lingkungan sejak dini. Tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk-bentuk perencanaan, penerapan, kendala dan evaluasi program konservasi taat (tanaman obat) dalam pembentukan karakter peduli lingkungan sejak dini. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian deksriptif kualititif, dengan menggunakan metode studi kasus untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Subjek penelitian yang dilakukan yaitu, 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru kelas B2, 2 orang wali murid yang bersedian di wawancara dan 5 orang anak yang memiliki karakter peduli lingkungan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara dan catatan lapangan. Teknik penjaminan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data yang dimana peneliti menganalisis secara mendalam dari hasil wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk karakter peduli lingkungan pada anak di TK Khalifah Carocok Anau, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan adalah terkait: Perencanaan program konservasi taat (tanaman obat) dalam pembentukan karakter peduli lingkungan sejak dini, melakukan perencanaan seperti menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, tanaman obat yang digunakan, dan perencanaan bagaimana penerpan yang akan dilakukan. Penerapan program konservasi taat (tanaman obat) dalam pembentukan karakter peduli lingkungan sejak dini dengan cara penerapan merawat tanaman, menyiram tanaman, menanam tanaman obat. Kendala yang ditemui yaitu terbagi menjadi dua faktor, faktor yang pertama yaitu faktor internal terdapat pada diri anak, sedagkan faktor eksternalnya terdapat dari luar seperti fasilitas yang kurang memadai dan kurangnya kerjasama guru dan wali murid. Evaluasi yang digunakan guru yaitu seperti penilaian, dimana guru memberikan pertanyaan terkait dengan kegiatan yang telah dilakukan. Sedangkan evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu seperti kepala sekolah memberikan arahan kepada guru mengenai program konservasi taat (tanaman obat) dalam pembentukan karakter peduli lingkungan sejak dini di TK Khalifah Carocok Anau, berupa saran atau kritikan yang diberikan oleh kepala sekolah.