Abstract:
RAMADHANI PUTRI, NIM: 1830105046 skripsi berjudul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI UPTD SMP NEGERI 3 KEC. LAREH SAGO HALABAN, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini didasari oleh sebuah permasalahan yang ada di UPTD SMPN 3 Kec. Lareh Sago Halaban yaitu media yang kurang memadai dalam pembelajaran yang ada hanyalah buku cetak dan bahan ajar. Sementara sekolah memiliki cukup banyak fasilitas tetapi tidak termanfaatkan dengan sebaiknya. Pelaksanaan pembelajaran yang ada belum mengaktifkan peserta didik sehingga cenderung pasif. Dengan demikian pentingnya mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif agar dapat mendukung keaktifan peserta didik dalam pembelajaran salah satunya yaitu sebuah media interaktif menggunakan Adobe Flash Cs6 berbantuan Software GeoGebra yang dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan memudahkan dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash Cs6 berbantuan Software GeoGebra yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian pengembangan R & D (Research and Development). Adapun rancangan dari pengembangan ini menggunakan tiga dari empat tahap pengembangan yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Pada tahap pendefinisian peneliti melakukan observasi dan wawancara pendidik dan peserta didik mengenai gambaran dari permasalahan yang ada dalam pembelajaran seperti menganalisis karakteristik peserta didik, media, literatur, tujuan pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Tahap perancangan peneliti merancang media interaktif dan instrumen penelitian. Tahap pengembangan menghasilkan media interaktif sesuai dengan saran yang telah direvisi oleh validator dalam melihat kevalidan media interaktif menggunakan Adobe Flash Cs6 berbantuan Software GeoGebra. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, soal tes, dan lembar praktikalitas. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash Cs6 berbantuan Software GeoGebra yang dirancang telah valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi media interaktif menggunakan Adobe Flash Cs6 berbantuan Software GeoGebra didapatkan 78,24% dengan kategori valid, hasil dari uji praktikalitas diperoleh 83,90% kategori sangat praktis, dan hasil uji efektifitas diperoleh 90,91% dari ketuntasan klasikal.