Abstract:
HAFIFATUL MAUFIZAH, NIM 1830109020 (2022) judul skripsi: “KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI SAAT DI RUMAH DAN DI SEKOLAH: STUDI KASUS TK ISLAM HARAPAN IBU LIMA KAUM”. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus (UIN Mahmud Yunus) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana gambaran karakter tanggung jawab anak yang tidak tinggal bersama orang tuanya (studi kasus) tetapi ada rasa tanggung jawab anak saat di sekolah dan saat di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk-bentuk karakter tanggung jawab anak di rumah dan disekolah, faktor-faktor yang mempengaruhi anak dalam karakter tanggung jawab anak, dan cara guru membentuk karakter tanggung anak. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode studi kasus untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara. Teknik penjaminan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data yang di mana peneliti menganalisis secara mendalam dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk dari karakter tanggung jawab pada anak usia dini saat di sekolah TK Islam Harapan Ibu, Ke. Lima Kaum Kab. Tanah Datar adalah sebagai berikut: 1) Bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas atau kegiatan yang diberikan oleh guru kepada anak. 2) Merapikan dan meletakkan mainan yang telah digunakan. 3) Membuang sampah pada tempat sampah. 4) Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. 5) Mengucapkan salam dengan tertib. 6) Berpakaian rapi dan bersih saat datang ke sekolah. 7) Meletakkan dan menyusun sepatu ke rak sepatu. 8) Meletakkan dan menyusu tas ke rak tas. Adapun tanggung jawab anak saat di rumah adalah 1) Mengerjakan tugas dari sekolah. 2) Membersihkan tempat tidur. 3) Menyusun mainan yang telah digunakan.4) Membersihkan sisa-sisa makan. 5) Mencuci piring yang telah dipakai (setelah ia makan), dan 6) Membuat teh untuk dirinya sendiri. Hal ini dapat dilihat dari anak yang perkembangan karakter tanggung jawabnya berkembang dengan baik yang berinisial AAH, Rc, dan NL. Faktor yang mempengaruhinya yaitu, faktor keluarga, faktor lingkungan sekitar rumahnya, dan faktor lingkungan sekolah. Adapun cara wali murid dan guru membentuk karakter tanggung jawab pada anak adalah dengan cara pembiasaan, rutin membimbing, dan mengarahkan anak untuk melakukan kewajibannya sebagai rasa tanggung jawabnya.