Abstract:
Penelitian ini mengengkat masalah mengenai pembelajaran daring yang terjadi karena munculnya pandemi Covid-19, dengan adanya pembelajaran daring ini terjadnya kelekatan antara orang tua dengan anaknya. Pandemi Covid-19 yang mulai menghilang, mengharuskan anak untuk kembali bersekolah ke TK, sehingga regulasi diri pada anak harus dimilik setelah adanya kelekatan antara dia dengan orang tuanya. Kelekatan termasuk pada salah satu faktor yang mempengaruhi regulasi diri pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kelekatan orang tua dengan regulasi diri anak usia 5-6 tahun pasca pembelajaran daring di TK Islam Masjid Raya Jihad Kota Padang Panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak yang berusia 5-6 di TK Islam Masjid Raya Jihad. Sampel pada penelitian ini 68 orang anak. Berdasarkan uji hipotesisi yang dilakukan, dengan SPSS 26 didapatkan hasil uji korelasi sebesar 0,838. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kelekatan dan regulasi diri anak pasca pembelajaran daring di TK Islam Masjid Raya Jihad Kota Padang Panjang.