Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh orang tua yang perlu memberikan dukungan pada seorang anak, namun terlihat anak tidak sanggup duduk terlalu lama, sulit berkonsentrasi, sulit focus, suasana lingkungan yang bersisik, anak mudah teralihkan pada hal yang ada didepan matanya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dukungan orang tua dalam meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Data primer pada penelitian ini adalah 5 orang tua anak di Dobok Jorong Kubu Rajo Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar dan data sekunder diperoleh dari kakak, kakek, nenek atau yang ada di rumah mengenai hasil belajar anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan dukungan emosional orang tua dalam meningkatkan konsentrasi belajar di rumah dengan memberikan perhatian kepada anak, memberikan motivasi pada anak, Dukungan instrumental orang tua dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak di rumah adalah dengan melengkapi fasilitas belajar seperti smart hafiz, buku bacaan, tempelan huruf abjad, angka serta huruf hijaiyah dan gambar buah-buahan. Melengkapi perlengkapan belajar anak seperti, pensil, penghapus, peruncing, meja, buku menggambar, buku mewarnai. Memberikan tempat belajar yang tenang dan nyaman pada anak. Memberikan waktu khusus untuk anak dalam belajar dan bermain agar anak dapat berkonsentrasi dengan baik dalam belajar di rumah.