Abstract:
Miftahul Jannah, NIM 1730101079. Judul skripsi: “Problematika Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 X Koto Singkarak” Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar 2022. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah problematika siswa dalam membaca Al-Qur'an pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 X Koto Singkarak. Sub fokus penelitian ini adalah (1) Problematika siswa dalam membaca Al-Qur'an dalam aspek Makharijul huruf pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 X Koto Singkarak. (2) Problematika siswa dalam membaca Al-Qur'an dalam aspek Ahkamul huruf pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 X Koto Singkarak. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui problematika yang di alami siswa saat membaca Al-Qur'an pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 X Koto Singkarak. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menjamin keabsahan datanya, penulis menggunakan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa (1) Problematika dalam aspek Makharijul huruf yaitu adanya kesulitan dalam mengucapkan huruf hijaiyah yang makharijul hurufnya dari Al-Halq (tenggorokan), Al-Lisan (lidah), Asy-Syafatain (bibir), Al-Jauf (rongga mulut) dan Al-Khoisyum (pangkal hidung). (2) Problematika dalam aspek Ahkamul huruf yaitu kesulitan dalam materi Izhar, kesulitan dalam materi Idgham Bi Ghunnah, kesulitan dalam materi Idgham Bila Ghunnah, dan kesulitan dalam materi Ikhfa.