Abstract:
FITRA WINDA AMALIA. Nim 15300400041. Judul Skripsi : “THE CORRELATION BETWEEN A GUESSING MEANING FROM CONTEXT TECHNIQUE AND STUDENTS’ READING COMPREHENSION (A Study of Twelfth Grade Students of MAN 2 Padang Panjang in 2022/2023)” Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini dilatar belakang guessing meaning from context technique dalam aktivitas membaca untuk membantu siswa mengidentifkasi makna tanpa melihat kamus. Hal ini ditujukan untuk membantu siswa dalam memahami teks dengan lebih mudah.Teori menyatakan bahwa ada keterkaitan antara guessing meaning from context technique dengan pemahaman membaca siswa. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara guessing meaning from context technique dengan pemahaman membaca siswa di MAN 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII PKPI tahun ajaran 2022/2023 di MAN 2 Padang Panjang berju mlah 76 siswa yang berasal dari tiga kelas pararel. pengambilan sample dilakukan dengan teknik proportional stratified random sampling. Berdasarkan teknik tersebut terpilih 69 siswa sebagai sample penelitian dan 7 siswa sebagai sampel try – out. Penelitian ini menggunakan dua instrument pengumpulan data yaitu angket dan tes. Angket ini digunakan untuk mengetahui penggunaan guessing meaning from context technique dalam aktifitas membaca. Sebelum dilakukan pengambilan data, angket terlebih dahulu di uji cobakan kepada 7 siswa dengan pernyataan sebanyak 38 item. Dari hasil uji coba ditemukan 26 item valid, 3 item revisi, dan 9 item dibuang.Sehingga 29 item itulah yang di distribusikan kepada sample penelitian. Sedangkan pemahaman membaca siswa diperoleh dari tes yang dibuat oleh guru bahasa inggris untuk mengetahui hasil pemahaman membaca siswa. Berdasarkan analisis yang dilakukan, didapatkan rata-rata guessing meaning fom context technique sebesar 82.59 dan rata-rata students’ reading comprehension 58.4203. Setelah itu, peneliti menganalisis korelasi dengan menggunakan product moment pearson di SPSS 22. Didapatkan rxy adalah (0,305) dikategori sedang atau cukup berkolerasi. Apabila dibandingkan dengan r tabel diperoleh hasil rxy (0,305) lebih besar dari r-tabel (0,236) pada tarif signifikan 5% pada derajat bebas (df) ini artinya H a diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara guessing meaning from context technique dengan students’ reading comprehension.