Abstract:
HIDAYATUL FITRI , NIM 1730104025, Judul Skripsi:“THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING ANXIETY AND THEIR READING ABILITY”. Jurusan Studi English Teaching Department, Tarbiyah and Teacher Training Faculty,State Islamic University (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum diketahuinya hubungan antara kecemasan mahasiswa dan kemampuan membaca pada mahasiswa semester enam UIN Mahmud Yunus Batusangkar.Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan hubungan antara kecemasan membaca mahasiswa dengan kemampuan membaca mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk korelasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester enam yang berjumlah 66 orang Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Mahmud Yunus Batusangkar tahun akademik 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin, berdasarkan cara ini didapatkan 56 orang sebagai sampel penelitian. Selain itu, peneliti juga menggunakan dua buah instrument yaitu angket dan reading test. Angket tersebut terdiri dari 28 butir pernyataan untuk mengetahui bagaimana kecemasan mahasiswa dalam membaca teks berbahasa Inggris, sedangkan reading test dipakai untuk mengetahui kemampuan membaca mahasiswa. Data yang didapat dari kedua instrument tersebut kemudian dianalisis dengan cara descriptive dan inferential analisis. Dalam mengolah data, penulis menggunakan program computer SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara kecemasan membaca mahasiswa dan kemampuan membaca dimana r-hitung (-0.343) lebih besar dari r-tabel (0.254) dengan tingkat signifikan 5%. Hal tersebut berarti bahwa Ho ditolak, maka Ha diterima. Disamping itu berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi antara kecemasan membaca mahasiswa dan kemampuan membaca mahasiswa menunjukkan bahwa adanya hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan membaca mahasiswa dan kemampuan membacanya. Ini dapat disimpulkan bahwa kecemasan membaca memiliki hubungan dengan kemampuan membaca mahasiswa.