Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa di SMA Negeri 1 Sumatera Barat tentang program English day yang dirancang oleh sekolah. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa siswa terhadap program English day di SMAN 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informannya berjumlah 7 orang yang merupakan siswa/i dari kelas 10 SMA Negeri 1 Sumatera Barat yang mengikuti English day pada tahun ajaran 2021/2022 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data adalah wawancara. Alat pengumpulan data adalah pedoman wawancara, recorder, dan field note. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua persepsi mengenai program English day yaitu persepsi positif dan negatif. Persepsi positifnya adalah sebagai berikut; (1) memperbaharui dan memperluas kosakata; (2) membuat siswa bagus dalam tata bahasa; (3) berbicara bahasa inggris dengan cara yang benar; (4) melatih pelafalan bahasa inggris; (5) meningkatkan pemahaman bahasa inggris. Sedangkan persepsi negatifnya adalah; (1) Program English day ini memberatkan siswa dengan hukuman-hukuman yang ada.