Abstract:
Lisa Jumai Yanti, NIM 15 300 4000 52. Judul Skripsi: “The Correlation Between Students’ Learning Interest and Their English Learning Outcomes at SMP IT Qurrata A’yun Batusangkar”. Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Mahmud Yunus Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat peserta didik terhadap pembelajaran, terutama pembelajaran bahasa Inggris. Semakin tinggi minat belajar siswa maka semakin tinggi juga hasil belajar mereka. Sebaliknya, semakin rendah minat belajar siswa maka semakin rendah juga hasil belajar mereka. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada korelasi yang signifikan antara minat belajar siswa dan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP IT Qurrata A’yun Batusangkar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat korelasi. Variabel penelitian ini adalah minat siswa dalam belajar sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasinya adalah siswa kelas VIII di SMP IT Qurrata A’yun Batusangkar pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 54 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh populasi diambil sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan English test yang diberikan guru pada semester ganjil. Angket digunakan untuk mengetahui deskripsi minat siswa dalam belajar. English test siswa digunakan untuk mengetahui hasil belajar bahasa Inggris siswa yang menggambarkan kemampuan belajar siswa. Sebelum digunakan, Angket tersebut di uji validitasnya terlebih dahulu oleh tiga orang validator. Validator memberikan penilaian berdasaran rubrik penilaian yang telah disediakan oleh peneliti. Hasil dari validitas angket secara umum dari seluruh aspek adalah 0,763 (sangat tinggi). Hasil dari reliabilitas instrumen adalah sebesar 0,960 dengan kategori sangat reliabel. Peneliti menyebarkan angket dan menganalisis data menggunakan teori Widoyoko. Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapatkan rata-rata learning interest 180,98 dan rata-rata learning outcomes 78,28. Selanjutnya, peneliti menganalisis korelasi dengan menggunakan product moment pearson di SPSS 22. Hasil analisis membuktikan bahwa r-hitung (0,978) lebih besar dari r-tabel (0,226) dengan derajat bebas 52 pada tingkat signifikansi 5%, serta nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,004 lebih kecil dari pada 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara minat belajar siwa dengan hasil belajar siswa.