Abstract:
ABSTRAK Zulfan Ependi, NIM. 1902031022. Judul Tesis: “Implementasi Metode 3T + 1M dalam Menghafal Al-Qur'an pada Rumah Tahfidz Se Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat.”Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana IAIN Batusangkar. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah metode yang digunakan pada rumah Tahfidz Kabupaten Tanah Datar adalah metode 3T+1M yang dalam hal ini membawa dampak positif terhadap peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan:1). Perencanaan guru dalam menerapkan metode 3T+1M, 2). Pelaksanaan guru dalam menerapkan metode 3T+1M, 3). Evaluasi guru dalam menerapkan metode 3T+1M, 4). kendala-kendala guru dalam menerapkan metode 3T + 1M untuk menghafal Al-Qur'an di Rumah Tahfidz Se Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian filed research digunakan dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah para guru dan santri pada rumah Tahfidz Kabupaten Tanah Datar yang menerapkan metode 3T+1M dan lokasi penelitian ini adalah rumah Tahfidz yang menerapkan metode tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat memaparkan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lengkap tentang suatu yang sedang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1). Perencanaan Guru dalam Menerapkan Metode 3T + 1M untuk Menghafal Al-Qur'an di Rumah Tahfidz Se Kabupaten Tanah Datarn yaitu a). Membuat Target hafalan, b). Membuat Program hafalan al-Qur'an dan c). Membuat Jadwal Kegiatan. 2). Pelaksanaan Guru dalam Menerapkan Metode 3T + 1M untuk Menghafal Al-Qur'an di Rumah Tahfidz Se Kabupaten Tanah Datar, yaitu dengan menererapkan metode a). Metode Tikrar, b). Metode Tasmi’ Wal Muraja’ah secara bersamaan dan c). Metode Tafahhum. 3). Evaluasi Guru dalam Menerapkan Metode 3T + 1M untuk Menghafal Al-Qur'an di Rumah Tahfidz Se Kabupaten Tanah Datar yaitu dengan menyuruh santri untuk mengulangi hafalannya, apabila santri belum hafal ayat yang dihafalnya, maka santri tidak dapat melanjutkan hafalan ayat yang selanjutnya, dan guru menyuruh santri untuk menghafal kembali sampai lancar. 4). Kendala-kendala Guru dalam pelaksanaan Metode 3T + 1M untuk Menghafal Al-Qur'an di Rumah Tahfidz Se Kabupaten Tanah Datar, yaitu a). Usia yang belum matang untuk dimasukkan ke Rumah Tahfidz. b) Daya tangkap masing-masing santri yang berbeda-beda. c) Faktor kemauan dari santri yang kurang dan 4) Belum bisa baca tulis Al-Qur’an atau kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an.