Abstract:
Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran tahfizh Al-Qur’an dengan metode talaqqi dan muraja’ah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Agam menunjukkan hasil yang baik. Setiap hari hafalan siswa meningkat dengan diterapkannya metode talaqqi dan muraja’ah ini siswa lebih bersemangat menghafal Al-Qur’an. Dalam jangka waktu tiga bulan siswa mampu menghafal Al-Qur’an satu Juz bahkan ada beberapa siswa yang sudah hafal dua juz sehingga dalam tiga bulan pelaksanaan siswa sudah bisa di khatamkan dengan jumlah hafalan satu juz dan dua juz hafalan. Metode dalam suatu pembelajaran itu sangat diperlukan, karena metode itu suatu jalan untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfizh Al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi dan muraja’ah pada siswa MIN 5 Agam. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang penulis gunakan terdiri dari dua macam yakni sumber data primer adalah guru tahfizh Al-Qur’an MIN 5 Agam dan sumber data sekunder siswa kelas V MIN 5 Agam. Alat dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis lakukan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Teknik menguji keabsahan data adalah Trianggulasi.