Abstract:
IRMA TIKASARI, NIM. 17 301 040 30 Judul skripsi: “PRE-SERVICE TEACHERS’ PERCEPTION TOWARD ONLINE TEACHING IN PRE-SERVICE TEACHING PROGRAM”. Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum diketahuinya persepsi mahasiswa PPL terhadap pembelajaran dalam jaringan pada program praktik pengalaman lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa PPL yang melakukan pembelajaran daring pada program praktek pengalaman lapangan tahun 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian descriptive quantitative, yang menggunakan cross-sectional design. Populasi dalam penelitian ini adalah 37 orang mahasiswa Tadris Bahasa Inggris UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang mengikuti program Praktek Pengalaman Lapangan dalam jaringan tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, diambil 30 orang mahasiswa PPL sebagai sampel penelitian dan 7 orang sebagai sampel uji coba. Dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan yaitu pernyataan angket tentang persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dalam jaringan. Sebelum disebarkan, angket tersebut diujicobakan dengan 30 butir pernyataan kepada sampel uji coba. Dari hasil uji coba tersebut, ditemukan 14 pernyataan valid, 14 pernyataan tidak valid dan 2 pernyataan dibuang. Sehingga, angket yang diberikan kepada sampel penelitian berjumlah 28 pernyataan. Setelah data didapatkan, data tersebut kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan program Computer SPSS versi 22 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa PPL terhadap pembelajaran dalam jaringan adalah positif dengan rata-rata skor 74.36667. Jika dilihat dari masing-masing aspek, persepsi mahasiswa PPL terhadap pembelajaran daring pada aspek kognitif adalah positif dengan rata-rata skor 41.4, pada aspek afektif adalah positif dengan rata-rata skor 41.9, dan pada aspek konatif adalah sangat positif dengan rata-rata skor 15.5. Dapat disimpulkan bahwa bagi mahasiswa PPL, pembelajaran dalam jaringan pada saat mengikuti program Praktik Pengalaman Lapangan memberikan manfaat kepada mereka.