Abstract:
ABSTRAK Lili suryani, NIM 1830108041 judul skripsi “PengaruhBimbingan kelompok terhadap komunikasi interpersonal siswa diPondok Pesantren Terpadu Istiqomah Simawang”. Fakultas Tarbiyahdan Ilmu Keguruan, jurusan Bimbingan dan koseling, UniversitasMahmud Yunus batusangkar tahun 2022.Penelitian ini di latarbelakangi oleh Komunikasi Interpersonalsiswa, masih ditemukan siswa yang kurang rasa saling menghargai sesamawarga sekolah, siswa yang hanya diam saja ketika diberi kesempatanuntuk bertanya serta menyampaikan pendapatnya, dan masih ada jugasiswa membuat kelompok-kelompok dalam berteman di kelas VIII-APondok Pesantren Terpadu Istiqomah Simawang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Bimbingan kelompok terhadap komunikasi interpersonal siswa di Pondok PesantrenTerpadu Istiqomah SimawangJenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatifdengan menggunakan metode Eksperimen dengan sampel sebanyak 10orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala likert.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Uji-tDari hasi penelitian peneliti menemukan bahwa hipotesis nol (Ho)yang menyatakan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruhsignifikan dalam peningkatan komunikasi interpersonal siswa ditolak.Hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa Bimbingan kelompokberpengaruh signifikan dalam peningkatan komunikasi interpersonal anakditerima. Artinya bimbingan kelompok berpengaruh signifikan dalammeningkatkan komunikasi interpersonal siswa pada taraf signifikan 5%.Kata kunci: Pengaruh Bimbingan kelompok terhadap komunikasi interpersonalsiswa