Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah peserta didik sering melalaikan ibadah sholat, belum lancar membaca Al-Qur’an serta akhlak peserta didik yang kurang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh guru BK dalam mengatasi permasalahan pengamalan keagamaan peserta didik Kelas VIII di SMPN 1 Rokan IV Koto. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah dua orang guru bimbingan dan konseling. Untuk data sekunder terdiri dari kepala sekolah dan lima orang peserta didik. Teknik analisi yang peneliti gunakan yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan. Untuk teknik penjamin keabsahan data yaitu dengan menggunakan trianggulasi sumber. Dari penelitian yang peneliti lakukan dilapangan dapat disumpulkan bahwa strategi guru BK dalam pengamalan keagamaan peserta didik yaitu dengan melakukan Bimbingan agama dan Konseling agama kepada peserta didik yang memiliki masalah pengamalan ibadah. Permasalahan bacaan Al-Qur’an guru BK menggunakan strategi konseling kelompok, dan kerja sama dengan orang tua seperti membuat program harian yang ditanda tangani oleh orang tua. Sedangkan untuk mengatasi permasalan akhlak peserta didik dengan strategi konseling individu dan strategi konsultasi dan bimbingan kelompok