Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN MUHASABAH TERHADAP REGULASI DIRI SISWA DI MTsS MUHAMMADIYAH BATU BULAT

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author DIAH SUCI RAMADHANI
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:46:58Z
dc.date.available 2022-09-14T01:46:58Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-23
dc.identifier.isbn NIM:1830108022
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200841
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/jjvkbAXna2xxYLetAaBpkEU0qVZnyj.pdf
dc.description.abstract Diah Suci Ramadhani. 2022.Nim. 1830108022. BK. Pengaruh Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah terhadap Regulasi Diri Siswa di MTsS Muhammadiyah Batu Bulat. Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus (UIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah rendahnya regulasi diri siswa MTsS Muhammadiyah Batu Bulat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bimbingan kelompok pendekatan muhasabah terhadap regulasi diri siswa MTsS Muhammadiyah Batu Bulat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperiment design dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design, yang mana dengan mengukur regulasi diri siswa kelompok eksperimen dengan menggunakan instrumen yang sama pada pengukuran pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik non-tes dengan menggunakan skala regulasi diri. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal regulasi diri siswa berada pada kategori rendah karena dilihat berdasarkan hasil skala regulasi diri. Peneliti mengambil sampel sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 7 siswa regulasi diri rendah, 5 siswa regulasi diri sedang, dan 3 siswa dengan kategori tinggi. Hal ini dilakukan agar terciptanya dinamika kelompok sehingga tujuan bimbingan kelompok pendekatan muhasabah dapat tercapai yaitu untuk meningkatkan regulasi diri siswa. Dengan adanya pelaksanaan bimbingan kelompok pendekatan muhasabah diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan regulasi diri yang semula berada pada kategori sedang dengan rata-rata 50,13 menjadi meningkat pada kategori tinggi dengan rata-rata 70,27. Sehingga berdasarkan hal tersebut, diketahui bahwa bimbingan kelompok pendekatan muhasabah berpengaruh signifikan dalam meningkatkan regulasi diri siswa di MTsS Muhammadiyah Batu Bulat.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Bimbingan dan Konseling
dc.subject.ddc 371.4
dc.subject.ddc 371.4
dc.title PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN MUHASABAH TERHADAP REGULASI DIRI SISWA DI MTsS MUHAMMADIYAH BATU BULAT
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku