Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | DIAH SUCI RAMADHANI | |
dc.date.accessioned | 2022-09-14T01:46:58Z | |
dc.date.available | 2022-09-14T01:46:58Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2022-08-23 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1830108022 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22200841 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/jjvkbAXna2xxYLetAaBpkEU0qVZnyj.pdf | |
dc.description.abstract | Diah Suci Ramadhani. 2022.Nim. 1830108022. BK. Pengaruh Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah terhadap Regulasi Diri Siswa di MTsS Muhammadiyah Batu Bulat. Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus (UIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah rendahnya regulasi diri siswa MTsS Muhammadiyah Batu Bulat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bimbingan kelompok pendekatan muhasabah terhadap regulasi diri siswa MTsS Muhammadiyah Batu Bulat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperiment design dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design, yang mana dengan mengukur regulasi diri siswa kelompok eksperimen dengan menggunakan instrumen yang sama pada pengukuran pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik non-tes dengan menggunakan skala regulasi diri. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal regulasi diri siswa berada pada kategori rendah karena dilihat berdasarkan hasil skala regulasi diri. Peneliti mengambil sampel sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 7 siswa regulasi diri rendah, 5 siswa regulasi diri sedang, dan 3 siswa dengan kategori tinggi. Hal ini dilakukan agar terciptanya dinamika kelompok sehingga tujuan bimbingan kelompok pendekatan muhasabah dapat tercapai yaitu untuk meningkatkan regulasi diri siswa. Dengan adanya pelaksanaan bimbingan kelompok pendekatan muhasabah diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan regulasi diri yang semula berada pada kategori sedang dengan rata-rata 50,13 menjadi meningkat pada kategori tinggi dengan rata-rata 70,27. Sehingga berdasarkan hal tersebut, diketahui bahwa bimbingan kelompok pendekatan muhasabah berpengaruh signifikan dalam meningkatkan regulasi diri siswa di MTsS Muhammadiyah Batu Bulat. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | UIN Mahmud Yunus Batusangkar | |
dc.subject | Bimbingan dan Konseling | |
dc.subject.ddc | 371.4 | |
dc.subject.ddc | 371.4 | |
dc.title | PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN MUHASABAH TERHADAP REGULASI DIRI SISWA DI MTsS MUHAMMADIYAH BATU BULAT | |
dc.type | Skripsi |